Senin, 23 November 2020

SOAL PAS KELAS 6 SEMESTER GANJIL _ TEMA 2 ( Persatuan Dalam Perbedaan)

 

A.    SOAL PILIHAN GANDA

 

PETUNJUK KHUSUS

 Pilihlah satu jawaban yang benar di antara 4 (empat) pilihan jawaban dengan cara memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, atau D pada lembar jawaban Ananda!

 1.      Cermati Teks berikut!

Proklamasi kemerdekaan adalah tonggak sejarah  bagi perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan. Meskipun terdiri atas suku bangsa yang berbeda-beda masyarakat Indonesia bersama-sama berkumpul untuk memproklamasikan kemerdekaan bangsa Indonesia. 

Sikap yang tercermin dari pernyataan tersebut adalah .....          

A. meskipun berbeda suku masyarakat Indonesia tetap rukun dan bersatu padu

B. masyarakat Indonesia selalu membeda-bedakaan suku bangsa dan agama

C. Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya dan harus dibanggakan

D. bangsa Indonesia harus bangga dengan adanya perbedaan

 

2.      Cermati teks berikut!

Hani dan Duwi telah berteman lama sekali. Sejak belum bersekolah, mereka sering menghabiskan waktu di sore hari untuk bermain bersama. Dulu, banyak teman yang meragukan bahwa persahabatan Hani dan Duwi akan bertahan lama, karena latar belakang keluarga mereka yang jauh berbeda. Hani adalah anak seorang pengrajin batik yang sukses. Sementara Duwi, adalah anak seorang penjual kue yang sederhana.    Hal yang membuat persahabatan mereka bertahan lama adalah sikap Hani dan Duwi yang saling menghargai satu sama lain. Hani tidak pernah menganggap dirinya berbeda dengan Duwi.

Sikap yang selalu dikembangkan Hani dan Duwi untuk menjaga persahabatan mereka adalah ....

     A. saling menghargai satu sama lain                  
    B. saling memanfaatkan satu sama lain
    C. selalu membicarakan perbedaan mereka       
    D. tidak mudah putus asa

 

3.      Perhatikan kalimat berikut ini!

Pada perayaan HUT RI ke 74 sekolahku mengadakan lomba panjat pinang untuk siswa kelas enam. Sikap yang harus dikembangkan oleh peserta dalam mengikuti lomba tersebut adalah ....

     A. disiplin dan  mandiri                                      
     B. persatuan dan kerjasama
     C. tanggung jawab dan bersemangat                  
     D. kerjasama dan mandiri

 

4.      Dalam kehidupan sehari-hari kita harus selalu menerapkan nilai-nilai persatuan, berikut ini yang bukan merupakan manfaat menerapkan nilai-nilai persatuan adalah ....

     A. kehidupan menjadi tenteram dan damai        
     B. masyarakat rukun dan nyaman
     C. perbedaan agama semakin tampak               
     D. kemerdekaan akan tercapai

 

5.      Cermati teks berikut!

Di Kampung Cempaka, hiduplah lima orang sahabat. Ada Asnah yang berdarah Sunda, Utami dari Banyuwangi, Toni  seorang anak etnis Tionghoa yang sebelumnya tinggal di Semarang, Wande dari suku Tengger di Jawa Timur, dan Marta anak seorang pendeta yang dahulu tinggal di Solo.

Unsur perbedaan yang terdapat dalam wacana di atas dari kelima sahabat tersebut adalah ....

A. agama                         
B. suku                
C. pekerjaan                    
D. tempat tinggal

 

6.      Cermati tabel berikut!

 

No

Perilaku yang Dikembangkan

1

membersihkan lingkungan bersama

2

tidak membeda-bedakan suku

3

membantu teman untuk mendapat pujian

4

menghormati teman yang berbeda agama

Pernyataan yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan ditunjukkan oleh tabel nomor ....

A. (1), (2), dan (3)            

B.  (1), (2), dan (4)           

C. (1), (3), dan (4)

D.  (2), (3), dan (4)


7.      Cermati teks berikut!

Meskipun Indonesia terdiri atas ribuan pulau yang membentang dari  Sabang sampai Merauke dengan penduduk yang berasal dari latar belakang adat istiadat dan  budaya yang berbeda-beda, namun dengan semangat persatuan dan kerja sama, bangsa Indonesia mampu mengusir penjajah dari bumi Indonesia.

Keberhasilan bangsa Indonesia dalam mengusir penjajah tersebut disebabkan oleh adanya ....

A.    persenjataan lengkap yang dimiliki bangsa Indonesia

B.     bantuan negara lain yang bersimpati terhadap bangsa Indonesia

C.     persatuan dan kesatuan seluruh pejuang Indonesia

D.    hadiah dari negara Belanda yang sudah puas menjajah Indonesia

 

8. Sikap pantang menyerah merupakan wujud perilaku yang meneladani pahlawan pejuang kemerdekaan bangsa Indonesia, sikap pantang menyerah dalam kehidupan sehari-hari dapat dilakukan melalui hal-hal berikut, kecuali ....

A. belajar dengan giat supaya lulus ujian sekolah
B. bekerja keras untuk mendapatkan hasil yang memuaskan
C. meminta bimbingan guru ketika belum memahami pelajaran yang diterima
D. mengerjakan soal ulangan sesuka hati

9.      Cermati teks berikut untuk menjawab soal nomor 9-11!

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Proklamasi Kemerdekaan yang dilakukan tanggal 17 Agustus 1945 menjadi peristiwa penting bagi bangsa Indonesia. Peristiwa tersebut menjadi  tonggak sejarah. Bangsa  Indonesia berhak atas kemerdekaan dan wajib  mempertahankannya. Diawali dengan dijatuhkannya bom atom oleh tentara Amerika Serikat pada tanggal 6 Agustus 1945 di Hiroshima dan pada tanggal 9 Agustus 1945 di Nagasaki, Jepang akhirnya menyerah kepada tentara Sekutu. Peristiwa ini dijadikan kesempatan oleh bangsa Indonesia untuk segera membebaskan diri dari penjajahan bangsa Jepang.        

Teks proklamasi ditulis di rumah Laksamana Tadashi Maeda, Jl.Imam Bonjol No.1 Jakarta. Para penyusun teks proklamasi adalah Ir. Soekarno, Drs. Moh.Hatta, dan Mr. Achmad Soebardjo. Konsep teks proklamasi ditulis oleh Ir.Soekarno. Saat itu hadir pula B.M. Diah, Sayuti Melik, Sukarni, dan Soediro. Sukarni mengusulkan agar yang menandatangani teks proklamasi itu adalah Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta atas nama bangsa Indonesia. Teks proklamasi diketik oleh Sayuti Melik.           

Pagi harinya, 17 Agustus 1945, di kediaman Soekarno, Jl. Pegangsaan Timur No. 56 telah hadir, antara lain, Soewirjo, Wilopo, Gafar Pringgodigdo, Tabrani, dan Trimurti. Acara dimulai pada pukul 10.00 dengan pembacaan proklamasi oleh Soekarno dan disambung pidato singkat tanpa teks.  Kemudian bendera Merah Putih yang  dijahit oleh Ibu Fatmawati, dikibarkan.

Informasi penting  pada paragraf pertama wacana tersebut adalah ...

A. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang diikrarkan tanggal 17 Agustus 1945 merupakan tonggak sejarah berdirinya bangsa Indonesia.
B. Bangsa Indonesia bergembira sebab kota Hirosima dan Nagasaki di Jepang di bo atom oleh tentara Amerika Serikat.
C. Teks Proklamasi ditandatangani oleh Ir.Soekarno dan Drs.Moh.Hatta di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta.
D. Setelah membacakaan teks Proklamasi Ir.Soekarno menyampaikan pidatonya, sesaat kemudian dilakukan pengibaran bendera Merah Putih.

10.  Kalimat tanya yang sesuai dengan pernyataan pada paragraf ketiga adalah ....

A.    Apa makna Proklamasi Kemerdekaan bagi bangsa Indonesia?

B.     Mengapa kota Hirosima danNagasaki di bom atom Amerika Serikat?

C.     Dimana naskah Proklamasi dibacakan?

D.    Mengapa Ibu Fatmawati menjahit bendera Merah Putih?

 

11.  Kalimat simpulan yang sesuai untuk wacana tersebut adalah ...

  1. Indonesia merdeka berkat perjuangan gigih para pahlawan.
  2. Proklamasi Kemerdekaan merupakan tonggak sejarah perjuangan bangsa Indonesia.
  3. Presiden Sukarno sangat berjasa bagi tercapainya kemerdekaan bangsa Indonesia.
  4. Banyak orang yang ikut merumuskan naskah Proklamasi Kemerdekaan bangsa Indonesia.

 

12.  Amati gambar berikut!

 


Beliau adalah salah satu tokoh yang ikut serta merumuskan Naskah Proklamasi, jasanya cukup banyak dalam mewujudkan kemerdekaan bangsa Indonesia.  Tokoh  pada gambar tersebut bernama

A.    Ir.Soekarno                                        

B.     B. Drs.Moh.Hatta

C.     Mr.Ahmad Soebarjo                          

D.    D. Sayuti Melik

 

13.  Cermati kalimmat berikut!

Ir.Soekarno dan Drs.Moh.Hatta menandatangani naskah Proklamasi.

Unsur subjek pada kalimat efektif tersebut adalah ....

A.  Ir.Soekarno dan Drs.Moh.Hatta                    

B.  menandatangani naskah

C.  menandatangani                                             

D.  naskah Proklamasi

 

14.  Cermati tabel  berikut!

 

No

Unsur Kalimat

1

Memiliki subjek, predikat, dan objek

2

Menggunakan struktur bahasa yang tepat

3

Memenuhi kaidah ejaan yang berlaku

4

Mengandung makna perintah

 Berdasarkan tabel tersebut kalimat efektif ditunjukkan oleh pernyataan nomor ....

A. 1, 2, dan 3                  
B. 1, 3, dan 4                  
C. 1, 2, dan 4                              
D. 2, 3, dan 4

 

15.  Cermati paragraf berikut!

     Perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia tidak dapat dilakukan sendiri-sendiri. Sangat diperlukan kerja sama dan persatuan dari seluruh rakyat Indonesia agar cita-cita untuk menjadi bangsa yang bebas dan merdeka dapat tercapai.

Ungkapan yang sesuai dengan pernyataan pada paragraf tersebut adalah ...

A.  Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh.

B.  Berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian.

C.  Tong kosong berbunyi nyaring.

D.  Lebih baik mati berkalang tanah dari pada hidup dijajah.

 

16.  Cermati paragraf berikut!

Setelah Proklamasi Kemerdekaan, bangsa Indonesia ... bangsa yang merdeka. Merdeka dari  segala bentuk ... Setiap warga negara berhak untuk ... kemerdekaan tersebut, namun berkewajiban  pula untuk menjaga kemerdekaan. Kemerdekaan yang diraih dapat mewujudkan rakyat yang  makmur dan ... karena mereka bebas berkarya dan menambah wawasannya.

        Kata-kata yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang pada paragraf tersebut adalah ....

A. menjadi,  keinginan, menikmati, sendiri
B. menjadi, penjajahan, menikmati, sejahtera
C. memilih, keinginan, membuat,  lepas
D. memilih, penjajahan, menikmati, sejahtera

 

17.  Perhatikan gambar berikut!


     Cara adaptasi tumbuhan tersebut adalah ....

A.    memiliki daun bundar dan lebar untuk menyerap cahaya matahari

B.     batangnya padat dan panjang untuk mengurangi penyerapan oksigen

C.     memiliki sistem perakaran  kokoh untuk menahan terjangan ombak

D.    memiliki bunga beracun untuk menangkap serangga

 

18.  Cermati pernyataan berikut!

 

Tumbuh di daerah lembab, tubuhnya terdiri atas bagian akar, batang, dan daun, batangnya berada didalam tanah, daun mudanya berbentuk melingkar atau menggulung.

 

Jenis tumbuhan yang sesuai dengan pernyataan  tersebut adalah ....

  1. lidah buaya                 
  2. bamboo                      
  3. pakis               
  4. kangkung

 

 19.  Cermati tabel berikut!

 

No

Nama  Tumbuhan

1

lidah buaya

2

Kurma

3

Bakau

4

Teratai

5

Kaktus

 

 

 

 

 

 

 

Berdasarkan  tabel tersebut jenis tumbuhan yang dapat hidup di lingkungan yang memiliki sedikit   air ditunjukkan oleh nomor ....

A. (1), (2), dan (3)           
B. (2), (3), dan (4)                
C. (1), (2), dan (5)                     
D. (3), (4), dan (5)
 

20.  Perhatikan gambar berikut!

 

Untuk mendapatkan makanan  dalam air hewan tersebut memiliki ciri khusus yaitu memiliki ....

A.    paruh panjang dan lebar pada bagian ujungnya

B.     sayap untuk berenang

C.     ekor pendek usupaya lebih mudah berenang

D.    anak banyak untuk bekerjasama mencari makan

 

21.  Perhatikan gambar berikut!

 


Ciri khusus yang dimiliki oleh hewan tersebut untuk melindungi diri dari pemangsa adalah ....

A.    mengeluarkan cairan hitam dari muludnya

B.     mengeluarkan bau menyengat dari tubuhnya

C.     menggembungkan tubuhnya

D.   memutuskan ekornya

 

22.  Perhatikan gambar di samping!

 
     Habitat hewan tersebut adalah ....

A. tanah yang subur                    
B. dataran tinggi
C. perairan dangkal                    
D. di dalam danau
 

23. Perhatikan gambar berikut!


                                                           

Hewan tersebut melakukan adaptasi dengan cara ....

A.    mengugah warna kulit sesuai tempatnya berada

B.     mengeluarkan bau menyengat

C.     mengeluarkan suara yang melengking

D.    bersembunyi dibalik dahan

 

24. Bunglon melindungi dir dari pemangsanya dengan cara mengubah warna kulit sesuai tempatnya,

kemampuan ini disebut ....

A.  mimikri                       

B.  autotomi                     

C.  kamuflase                               

D.  adaptasi

 

25.  Amati tulisan berikut!

Proklamasi

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia     Hal2 jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara saksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnya

Djakarta 17-8-05

                                                                                                                Wakil2 bangsa Indonesai

 
                                                                             

 

 

 

 

 

Naskah tersebut ditandatangani oleh ....

A.    Ir.Soekarno dan Drs.Moh.Hatta                   

B.     Ir Soekarno dan Sultan Syahrir

C.     Drs.Moh.Hatta dan Mr.Ahmad Soebarjo      

D.    Ir.Soekarno dan Laksamana Tadashi Maeda

 

 

26.  Cermati teks berikut!

Teks Proklamasi Kemerdekaan  ditulis di rumah Laksamana Tadashi Maeda, Jl.Imam Bonjol No.1 dan kemudian dibacakan di Jalan Pegangsaan Timur No.56 Jakarta.  Kemudian dilanjutkan dengan pidato Singkat Ir.Soekarno selanjutkan dilakukan pengibaran bendera Merah Putih. Dengan demikian resmi bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya.

Makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia   sesuai teks tersebut adalah ....

A. puncak perjuangan fisik bangsa Indonesia                
B. menaikkan martabat bangsa Indonesia
C. akhir dari perjuangan bangsa Indonesia                    
D. puncak perjuangan bangsa Indonesia
 

27.  Amati gambar berikut!


 Beliau adalah salah satu tokoh yang merumuskan  proklamasi kemerdekaan, yang berasal dari daerah ....

A.    Bukit Tinggi, Sumatera Barat      

B.     Blitar, Jawa Timur

C.     Karawang, Jawa Barat                 

D.    Bengkulu

 

 

28.  Seiring dengan dibacakannya teks Proklamasi Bendera Merah Putih pun dikibarkan.  Bendera Merah Putih dijahit oleh seorang Tokoh wanita yang lahir di Bengkulu pada tahun 1923 dan meninggal di Jakarta tahun 1980, kemudian dimakamkan di taman makam pahlawan Kalibata Jakarta. 

Tokoh tersebut bernama ....

A. R.A Kartini                
B. Dewi Sartika    
C. Fatmawati           
D. Cut Nyak Dien
 

29.  Amati gambar berikut!

 

Peran tokoh tersebut dalam Proklaamasi Kemerdekaan adalah ....

A.    menandatangani naskah proklamasi kemerdekaan

B.     mengetik naskah proklamasi kemerdekaan

C.     menyediakan rumahnya untuk musyawarah naskah proklamasi

D.    menyusun konsep teks proklamasi dan ikut menandatangani teks

 

30.  Pada tanggal 10 November 1945 terjadi terjadi pertempuran yang dasyat antara pemuda Indonesia 

melawan tentara Sekutu, pasukan Inggris menggempur Surabaya dari darat, laut, dan udara. Penyebab terjadinya pertempuran tersebut adalah ....

A. ultimatum Inggris bahwa Indonesia harus menyerah dan Indonesia menolak

B.  sekutu ingin membebaskan tawanan tentara Belanda di Indonesia

C.  Belanda melarang Indonesia mengibarkan bendera Merah Putih di Surabaya

D.  Inggris melanggar Perjanjian yang sudah disepakati dengan Indonesia

 

31.  Pada tanggal 20 Oktober 1945 terjadi pertempuran antara Indonesia dengan Sekutu di Semarang,

pada pertempuran tersebut tentara Indonesia dipimpin oleh ....

A. Kolonel Soedirman                                        
B. Supriyadi
C. Panglima Jendral Soeharto                            
D. Pattimura
 

32.  Perundingan linggarjati merupakan perundingan yang berisi tentang pengakuan Belanda terhadap

wilayah Indonesia yang meliputi Sumatera, Jawa dan Madura serta pembentukan negara Republik Indonesia Serikat.  Negara yang terlibat dalam perundingan tersebut adalah ….

A. Indonesia, Jepang dan Inggris
B. Indonesia, Belanda dan Jepang
C. Belanda, Jepang, dan Inggris                         
D. Indonesia, Belanda, dan Inggris
 

33.  Amati gambar berikut!



Pola lantai yang digunakan pada tarian tersebut adalah ....

A. Vertikal                             

B. Horizintal                          

C. Diagonal                            

D. Zigzag

 

34.  Perhatikan tabel berikut!

 

No

Nama Tari

1

Yospan

2

Cangkedan

3

Tanggai

4

Serimpi

5

Gending Sriwijaya

 

Tari yang berasal dari Sumatera Selatan ditunjukkan oleh nomor ....

A. (1) dan (3)                     

B. (2) dan (4)                                 

C. (3) dan ((5)        

D. (2) dan (5)

 

35.  Wilayah Indonesia merupakan negara yang berbhineka tunggal ika, ada berbagai ragam Suku bangsa dan budaya yang merupakan cermin kepribadian dan ciri khas daerah tertentu.  Tarian adat merupakan salah satu ciri budaya bangsa. 

Tarian adat adalah ....

A.  Salah satu kekayaan budaya yang disampaikan secara turun temurun

B.  Budaya daerah yang dikembangkan menjadi ragam budaya modern

C.  Tarian yang dilakukan khusus untuk upacara adat perkawinan pada suatu daerah

D.  Persembahan yang disajikan khusus untuk wisatawan mancanegara

 

36. Salah satu contoh tari daerah adalah tari Lego-Lego, tarian tersebut berasal dari daerah ....

A.  Kalimantar Barat                                             

B. Sulawesi Tenggara

C.  Nusa Tenggara Timur                                      

D. Sumatera Selatan

 

37.  Cermati gambar berikut!

 

Gambar tersebut merupakan beberapa pola lantai yang digunakan dalam tari.  Pola lantai zig-zag ditunjukkan oleh gambar nomor ....

A. (1)                               

B.  (2)                              

C.  (3)                              

D. (4)

 

38.  Dalam menyajikan pentas tari orang biasanya menyajikan dengan jumlah penari tertentu supaya

lebih menarik dan ada kesesuaian dalam perpaduan antar gerak dalam tari.   Tarian yang dilakkan oleh tiga orang penari atau lebih merupakan jenis tarian ....

A.  tunggal                       

B.  berkelompok               

C.  berpasangan    

D.  beramai-ramai

 

39.  Cermati tabel berikut!

 

No

Nama Tari

Asal Daerah

1

Seudati

Aceh

2

Tor-Tor

Sumatera Selatan

3

Tandak

Kalimatan Tengah

4

Serimpi

Jawa Tengah

 

Pasangan antara nama tari dan daerah asal yang tepat ditunjukkan oleh tabel nomor ....

A. (1) dan (2)                  

B.  (2) dan (4)                              

C.  (1) dan  (4)                 

D.  (2) dan (3)

 

40.  Tari Indang meruppakan jenis tarian berkelompok dengan pola lantai vertikal tarian ini merupakan

jenis tarian adat yang berasal dari daerah ....

A.  Sumatera barat                                                                       

B.  Sumatera Selatan                                                        

C.  Kalimantan Barat

D.  kalimantan Selatan